Ahlan Wa Sahlan

Senin, 23 Mei 2011

Ukhuwah

Pada postingan kesempatan kali ini sy akan membahas mengenai ukhuwah....
sebelum membahas pengertian ukhuwah menurut para ulama, sy akan menjelaskan ukhuwah dalam pandangan sy. Ukhuwah merupakan suatu jalinan persaudaraan.
Selanjutnya menurut pemahaman para ulama yaitu hasan al banna:
Ukhuwah adalah terikatnya hati dan nurani dengan aqidah, aqidah merupakan sekokoh-kokohnya dan semulia-mulianya ikatan. ukhuwah adalah

saudara keimananan sedangkan perpecahan adalah saudara kekufuran. Kekuatan yang pertama adalah persatuan, tidak ada persatuan tanpa cinta kasih. Standaar cinta kasih adalah kelapangan dada sedangkan standar maksimal adalah itsar(mementingkan orang lain dari diri sendiri.
Dari pengertian yang dijabarkan oleh hasan al-banna dapat disimpulkan bahwa ukhuwah adalah persatuan yang berdasarkan aqidah yaitu aqidah Islamiyah. Sehingga Ukhuwah tidak bisa dilepaskan dari Islamiyah, karena inilah yang membedakan antara ukhuwah orang-orang beriman dengan orang-orang kafir. Ukhuwah Islamiyah sangatlah penting dalam menjaga hubungan antar umat Islam dalam mencapai cita-cita yang mulia yaitu menegakan Kalimatulloh di muka bumi ini. Ukhuwah tidak bis lepas dari yang namanya aqidah, ukhuwah merupakan hal yang pertama diajarkan oleh Rosululloh setelah aqidah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar